Kabupaten Bangka

Pantai Romodong

Pantai Romodong Lokasinya berada di daerah Belinyu, Bangka utara, sekitar 77 km dari Sungailiat. Di pantai Romodong ini, para wisatawan dapat menyaksikan peristiwa terbenamnya matahari. Ini dikarenakan lokasi pantainya yang menghadap ke Barat. Panjang keseluruhan pantai mencapai 4 km. Lautnya landai, berpasir putih dan halus. Airnya bening bak kristal, Kejutan terasa saat mendekati jalan masuk ke pantai. Ada dua batu besar hitam di sisi kiri-kanan yang mengapit, mirip sebuah pintu gerbang. serta di Pantai Romodong ini tersedia beberapa penginapan serta fasilitas lain untuk wisatawan.

Pha Kak Liang

Pha Kak Liang adalah sebuah kawasan yang bergaya cina, yang dibangun di daerah bekas tambang timah, yang luasnya mencapai 2 ha.Tempat ini berada di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka,Pha Kak Liang berada sekitar 2 km dari Kota Belinyu atau 53 km dari Kota Sungailiat.para Wisatawan yang datang ke Pha Kak Liang seolah-olah berada di kawasan daratan Hongkong atau Taiwan. Daya tarik Pha Kak Liang bagi wisatawan di sini yang tak kalah menariknya adalah para wisatawan bisa menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dipermukaan air pada saat di berikan makanan yang telah disediakan oleh penjaga setempat. Menurut ceritanya ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.

Pantai Teluk Uber

Objek Wisata Pantai Teluk Uber ini terletak di Desa Rambak Kelurahan Srimenanti, Kacamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai Teluk Uber berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Pangkalpinang dan 3 kilometer dari Sungailiat. Dari Pangkalpinang pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Dari Sungailiat bisa ditempuh dengan kendaraan umum.Pantai Teluk Uber belum terkenal seperti pantai-pantai lain di daerah Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai yang terletak di lekukan yang menjorok ke daratan ini masih asli karena belum banyak diotak atik untuk keperluan program pariwisata. Pantai ini mempunyai luas 25 Ha, dengan pemandangan yang indah dan berpasir putih dilengkapi dengan fasilitas hotel.

Pantai Parai

Pantai Parai terletak di kota Sungailiat Kabupaten Bangka, 30 km disebelah utara dari kota Pangkal Pinang. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Batu Bedaun. Pantai Parai memberikan pesona keunikan dan kemewahan yang ada di Pulau Bangka.
Pada awalnya, masyarakat sungailiat menyebut pantai ini sebagai pantai Hakok, kmudian sebagai pantai Tenggiri. Pantai Parai merupakan pantai paling indah dideretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan di pulau bangka.

Gunung Maras

Gunung Maras terletak di Desa Rambang Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka sekitar 70 km dari kota Sungailiat atau 33 km dari kota Belinyu. Gunung ini merupakan salah satu aset wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama oleh para penggemar lintas alam seperti hiking, berkemah dan mendaki gunung. Alamnya indah, pepohonan hutan yang cukup lebat menambah daya tarik sendiri.Gunung Maras merupakan satu-satunya gunung di Pulau Bangka.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a comment